Kamis, 10 Desember 2009

Cara membersihkan printer

CARA MEMBERSIHKAN PRINTER
Bersihkan 'Head' Cetak
Hal lain yang perlu Anda perhatikan, bahwa jika Anda dapat membersihkan 'head' cetak dot-matrix atau daisywheel memakai sarana khusus, seperti yang diproduksi oleh Perfect Data.
Sarana tersebut terdiri dari selembar pembersih yang dimasukkan melalui printer yang seakan-akan berupa kertas dan larutan pembersih.
Maka yang perlu Anda lakukan adalah basahi lembaran tersebut dengan larutan, kemudian jalankan printer untuk mencetak di atasnya (tanpa dengan pita) seraya untuk mengujinya.
Dimana larutan tadi untuk melarutkan sisa-sisa tinta yang kering, kemudian diserap oleh lembaran tersebut.
Atau bisa Anda lakukan cara lain dengan memakai cartridge pembersih khusus yang disisipkan sebagai pengganti.
Di samping itu Anda juga perlu membersihkan platen (silinder karet) untuk menghilangkan tinta yang tersisa saat kertas telah dicetak.
Perfect Data merupakan pembersih khusus dengan sikat cetakan, dimana ia berguna untuk membersihkan platen yang terkena tinta.
Namun bantalan yang melindungi larutan juga dapat dipakai untuk membersihkan bagian luar dari platen tersebut.
Jika ada bagian printer yang tidak mampu bergerak dengan bebas, maka pakailah minyak pelumas mesin (dengan catatan simak buku petunjuk printer yang Anda pakai).
Kebanyakan printer memakai bantalan poros yang dirancang untuk tidak memerlukan pelumasan.
Jika kotoran atau debu kertas telah mengotorinya, maka setitik minyak diperlukan untuk membersihkannya. Jika Anda memerlukan pelumas, disarankan menggunakan seminimal mungkin.
Setelah Anda selesai membersihkannya maka pasanglah pita atau cartridge tinta yang baru.
Lakukanlah pengujian printer untuk mengecek, agar mutu cetaknya memuaskan.Kebanyakan printer mempunyai ketentuan pengendali jarak antara kepala cetak dan platen.
Untuk meminimalkan keausan maka lakukan cara dengan mengatur sampai spasi maksimum yang memberikan mutu cetakan yang bagus.Dari kegiatan di atas maka bersihkan tutup printer memakai kain halus dan larutan detergent kemudian pasanglah kembali.

Letakkan kertas di baki atau masukkan kertas dengan hati-hati (jangan lakukan pemaksaan), lalu pastikan kertas masuk secara mulus tanpa menyangkut bagian lain.Dari langkah-langkah di atas yang perlu digaris bawahi adalah:

1. Matikan printer, lepaskan tutup dan pita.
2. Bersihkan debu atau kotoran yang melekat pada printer.
3. Periksa dan bersihkan jalan keluar masuk kertas dan platen.
4. Bersihkan dan gantilah 'head' cetak.
5. Gantilah pita jika sudah habis.
6. Lakukan pengujian pencetakan untuk mendapatkan mutu cetakan yang memuaskan.
7. Bersihkan dan kembalikan penutup printer.
8. Lakukan pemeriksaan kertas dan yakinkan dipasang dengan tepat dan kondisi masuk dengan lancar.



Merawat kipas:
1. Pakailah PSU yg 'ASELI'. PSU itu pengaruh, kalau PSU abal-abal sempat digunakan, walaupun hanya 2 jam saja, Anda tidak akan tahu, efek samping jangka panjang apa yang akan dihasilkan PSU abal2 itu terhadap komponen2 Anda. Termasuk fan.
2. Perhatikan debu nya atau bising nya. Seiring waktu, debu PASTI NEMPEL di blade/fan. Dengarkan bunyi saat masih baru, apakah berbeda saat berdebu? Bila ternyata berdebu, segera bersihkan, dikarenakan blade/fan dengan debu yang menempel, membuat putaran menjadi lebih lambat. Misal : TT iFlash+ 12 gw muter di 1500rpm, tapi karna debu, puterannya tinggal sekitar 1420rpm, dan ini memakan usia dari fan, dikarenakan ia bekerja lebih berat daripada di kondisi normal. Bila debu terus menempel berkepanjangan tanpa perhatian lebih lanjut, biasanya fan akan DOL. alias tewas.
3. JANGAN PERNAH SENTUH BLADE DI SAAT MUTER. Risiko nya tanggung sendiri klo ada blade yg retak. Mau sengaja kek, engga sengaja kek, singkirkan jauh-jauh itu semua kemungkinan yang ada. Sekali nya blade retak/mulai patah, udah engga bisa diharapkan lagi buat di benerin.

Membersihkan kipas :
1. Beli kuas cat (ukuran terserah, lebar, tipis, pipih, panjang) harga <5000 perak
2. lepas fan yang berdebu
3. pegang bagian bodi, bukan blade
4. sambil tahan blade di bagian tengah (bearing) sembari fan anda kuas samapi bersih
5. untuk bagian yang tak terjangkau, tiup-tiup atau coba pake kompressor, pakai tangan
6. jangan harap untuk bisa seperti fan baru lagi, tapi biasanya sekali dibersihkan, air flow akan meningkat. Bagi Fan LED, warna akan makin jernih

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com