Kamis, 10 Desember 2009

troubleshooting peralatan periferal

A.keyboard

ada beberapa kerusakan yang sering terjadi pada keyboard diantaranya:

1- keyboard tidak terdeteksi oleh PC, muncul pesan ”keyboard error or no keyboard present”

Cara mengatasinya:

-) Matikan kembali komputer anda dan cek apakah kabel keyboard sudah tertancap dengan benar pada CPU

-) Jika computer dihidupkan kembali dan pesan kesalahan masih muncul maka kemungkinan keyboard anda rusak, coba dengan keyboard yang lain untuk memastikan bahwa key board anda yang rusak

-) Jka dengan mengganti keyboard pesan kesalahan masih muncul berarti bukan keyboard yang rusak tetapi bisa saja plot di motherboard yang rusak.

2- Tombol keyboard sering macet pada saat ditekan/ditombol

Penyebabnya:

-) Di sebabkan oleh debu yang sudah menumpuk di sela-sela tombol keyboard

Cara mengtasinya:

-) perlu dilakukan pembersihan pada keyboard, keyboard dapat dibersihkan dengan menyedotnya dengan vacuum cleaner atau kuas, Ingat pada saat anda membersihkan harus dilakukan pada saat computer dalam keadaan mati dan keyboard dilepas dari portnya.





B.mouse


1- Mouse tidak terdeteksi oleh PC

Cara mengatasinya:

-) Analisa pertama, kabel mouse tidak terhubung dengan baik solusinya: Lepas dan pasang kembali kabel mouse untuk memastikan apakah kabel mouse sudah tertancap denga tepat, tapi ingat pada saat anda melepas nya computer harus dalam keadaan mati agar tidak terjadi konsleting

-) Analisa kedua , kemungkinan rusaknya driver yang menghubungkan system dengan mouse untuk itu perlu dilakukan pendeteksian ulang driver secara otomatis dengan windows melalui “device manager”. Langkah yang dilakukan: Klik kanan my computer pada desktop windows, pilih properties, hardware, device manager, klik mouse tersebut dengan menggunakan keyboard dengan bantuan tombol “tab”, hapus driver mouse yang lama dengan menggunakan tombol “remove” dan setelah itu restart ulang computer.

Jika sambungan dan driver mouse benar tetepi mouse tetep tidak terdeteksi oleh windows ada kemungkinan mouse rusak/ kemudian coba dengan mouse yang lain apakah terjadi hal yang sama apabila masih tetap seperti itu berati port PS/2 nya rusak.

2- Pointer mouse sering loncat

Penyebabnya:

-) karena kotornya komponen bola mouse, karena komponen bola tersbut banyak bersentuhan dengan moue pad yang tida selalu bersih.

Cara mengatasinya:

-) Buka penutup bola mouse di bagian bawah dengan memutarnya 90 derajat

-) keluarkan bolanya dan bersihkan dengan air hangat atau alcohol srta sikat dengan kuas lalu keringkan

-) Di bagian dalam mouse dapat diamati adanya tiga buah roda. 2 lebar dan 1 kecil kotoran ynag menempel pada komponen tersebut perlu dibersihkan. Demikian juga dengan kotoran yang menempel pada gerigi dan bantalan bola lakukan pembersihan dengan hati-hatisupaya tidak merusak komponen pada mouse.








C.Monitor

kerusakan yang sering terjadi:

1- Monitor tidak mau menyala

Cara mengatasinya:

-) Pastikan bahwa tombol power dalam kedaan “on”

-) jika lampu indicator tidak menyala, lihat kabel power baik pada monitor maupun kearah outlet listrik. Pastikan bahwa sudah benar

-) Apabila tetap tidak menyala, gantilah dengan kabel power yang lain

-) Jika lampu indicator pada monitor hidup dan berwarna orange/ berkedip-kedip, cek kabel video yang menghubungkan monitor dengan CPU apakah sudah terpasang dengan benar. Pastikan bahwa kabek tersebut sudah terpasang dengan benar dan baik.

-) Apabila dengan pengecekan masalah diatas masalah ini tetap tidak terdeteksi, berarti ada problem pada sinyal video board adapter CRT.


2- Monitor menjadi gelap saat loading windows

Penyebabnya:

-) Karena setup driver untuk monitor tidak tepat yang sering terjadi adalah karena dalam keadaan “on” screen display setting, setting frekuensi telalu tinggi.

Untuk mengatasinya:

-) Lakukan booting windows dalam keadaan safe mode dengan cara menekan F8 saat computer loading windows

-) Lakukan instalasi ulang driver VGA card. Setelah itu pilih jenis monitor yang cocok yang akan menentukan frekuensi maksimal yang akan ditampilkan pada windows.


3- Monitor seperti berkedip saat digunakan

Penyebabnya:

-) Gambar pada layar terlalu rendah. Hal tersebut bisa saja terjadi karena ada masalah dengan setting refresh rate pada computer refresh rate merupakan kemampuan maksimal yang dilakukan monitor untuk menampilkan frame dalam satu detik.

Cara mengatasinya:

-) Untuk mengatur refresh rate gunakan menu display properties seperti pada gambar diatas. Pada tab setting klik button advanced lalu pilih tab monitor pada tab tersebut akan ditampilkan pilihan refresh rate yang diinginkan. Cobalah beberapa refresh rate tersebut untuk mendapatkan pilihan yang tepat bagi monitor.







D. CARA MEMBERSIHKAN PRINTER

Trouble Shooting pada Inkjet Printer
Di sini akan di bahas, bagaimana mengatasi masalah yang sering terjadi pada inkjet printer.
Trouble shooting disini akan di bahas juga lebih mendetail secara tehnis.
EPSON PRINTER
• Printer epson R210 dan R230 menarik kertas tidak sempurna/ gagal melakukan loading
• Hasil cetak pada printer epson C41, C43, C45 ( C Series ) kotor/ streak out/ ada tambahan garis pada waktu melakukan pencetakan
• Printer Epson Maintenance Error / Blinking/ Lampu Power+Resume/ Tinta + Paper Nyala Bergantian

HP PRINTER
• Me-reset full ink indikator pada HP Catridge yang telah di isi ulang [ HP 21, 22, 27, 28, 56, 57, 58 ]
• Printer HP Deskjet 3600 & 3700 Series Catridge Head Bergerak Kekanan Secara Keras/ Hasil Cetakan Macet Ditengah Proses Pencetakan Berlangsung

CANON PRINTER
• Printer canon IP 1200, 1300 , 1600, 1700, 2200 blinking setelah catridge di isi ulang
• Printer canon IP 1000, IP 1500, I 255, I 320 dan Pixma Series menarik kertas tidak sempurna/miring
• Printer canon Maintenance Error / Blinking/ Lampu Power+Resume/ Tinta + Paper Nyala Bergantian


A.Printer epson R210 dan R230 menarik kertas tidak sempurna/ gagal melakukan loading
SOLUSI :
Hal ini terjadi karena karet pick up roll sdh licin/ menipis coba bersihkan karet abu 2x/ pick up roll dgn duraklin/ lapisi selotip pd bagian plastik pick up lalu pasang kembali karet pick up rolnya sehingga karet menjadi lebih tebal.

Hasil cetak pada printer epson C41, C43, C45 ( C Series ) kotor/ streak out/ ada tambahan garis pada waktu melakukan pencetakan
SOLUSI :
Suntikkan Duraklin pada capping unit/ karet/ busa penyedot tinta sebanyak 2 - 4 ml hingga capping unit bersih dari kerak tinta, hal ini penyebab terjadinya streak out printing

Printer Epson Maintenance Error / Blinking/ Lampu Power+Resume/ Tinta + Paper Nyala Bergantian
SOLUSI :
Hal ini diakibatkan oleh waste ink pad counter sdh penuh / full sehingga printer berhenti bekerja, lakukan proses reset waste ink counter melalui software khusus seperti general tool/ ssclg/ adjustment program.

Me-reset full ink indikator pada HP Catridge yang telah di isi ulang [ HP 21, 22, 27, 28, 56, 57, 58 ]
SOLUSI :
Ada 2 tehnik yang dapat di lakukan disini.
Tehnik pertama :




1. Siapkan 2 kertas pada printer, Lepas Catridge, lalu pasang stiker/ selotip pada kontak 1, pasangkan hp catridge pada printer unit dan biarkan printer mencetak aligment page.




2. Lepaskan catridge dan pasang stiker/ selotip pada kontak 2 lalu pasang kembali catridge pada printer, biarkan printer mencetak aligment page sekali lagi
3. Lepaskan kedua selotip yg terpasang pada kontak 1 & 2 dan pasang kembali catridge pada printer, setelah proses ini seharusnya indikator tinta sdh penuh kembali !

Tehnik kedua :
Apabila Tehnik pertama gagal, maka lakukan tehnik yang ke dua.
Tehnik ke dua, hampir sama dengan tehnik pertama, hanya berbeda pada letak pemasangan selotip.

1. Siapkan 2 kertas pada printer, Lepas Catridge, lalu pasang stiker/ selotip pada kontak 1, pasangkan hp catridge pada printer unit dan biarkan printer mencetak aligment page.
2. Lepaskan catridge dan pasang stiker/ selotip pada kontak 2 lalu pasang kembali catridge pada printer, biarkan printer mencetak aligment page sekali lagi


3. Lepaskan catridge dan pasang stiker/ selotip pada kontak 3 lalu pasang kembali catridge pada printer, biarkan printer mencetak aligment page sekali lagi
4. Lepaskan ketiga selotip yg terpasang pada semua kontak , pasang kembali catridge pada printer, setelah proses ini seharusnya indikator tinta sdh penuh kembali !

B.Printer HP Deskjet 3600 & 3700 Series Catridge Head Bergerak Kekanan Secara Keras/ Hasil Cetakan Macet Ditengah Proses Pencetakan Berlangsung
SOLUSI :
hal ini terjadi karena bar encoder strip cacat/kotor coba bersihkan dengan kain bersih yang sudah diteteskan duraklin untuk menghilangkan bekas tinta diplastik encoder strip tersebut.

C.Printer canon IP 1200, 1300 , 1600, 1700, 2200blinking setelah catridge di isi ulang
SOLUSI :
Tekan dan tahan tombol resume 10 detik lalu klik ok pada warning / peringatan indikator di monitor komputer

D.Printer canon IP 1000, IP 1500, I 255, I 320 dan Pixma Series menarik kertas tidak sempurna/miring
SOLUSI:
Hal ini biasa terjadi karena adanya kotoran/ benda asing pada bagian paper guide roll/ pick up roll unit, bersihkan kotoran tsb hingga kertas menarik dgn sempurna

E.Printer canon Maintenance Error / Blinking/ Lampu Power+Resume/ Tinta + Paper Nyala Bergantian
SOLUSI :
Hal ini diakibatkan oleh waste ink pad counter sdh penuh / full sehingga printer berhenti bekerja,lakukan proses reset waste ink counter melalui software khusus seperti general tool/ adjustment program.




E.Merawat kipas(fan)

1. Pakailah PSU yg 'ASELI'. PSU itu pengaruh, kalau PSU abal-abal sempat digunakan, walaupun hanya 2 jam saja, Anda tidak akan tahu, efek samping jangka panjang apa yang akan dihasilkan PSU abal2 itu terhadap komponen2 Anda. Termasuk fan.

2. Perhatikan debu nya atau bising nya. Seiring waktu, debu PASTI NEMPEL di blade/fan. Dengarkan bunyi saat masih baru, apakah berbeda saat berdebu? Bila ternyata berdebu, segera bersihkan, dikarenakan blade/fan dengan debu yang menempel, membuat putaran menjadi lebih lambat. Misal : TT iFlash+ 12 gw muter di 1500rpm, tapi karna debu, puterannya tinggal sekitar 1420rpm, dan ini memakan usia dari fan, dikarenakan ia bekerja lebih berat daripada di kondisi normal. Bila debu terus menempel berkepanjangan tanpa perhatian lebih lanjut, biasanya fan akan DOL. alias tewas
.
3. JANGAN PERNAH SENTUH BLADE DI SAAT MUTER. Risiko nya tanggung sendiri klo ada blade yg retak. Mau sengaja kek, engga sengaja kek, singkirkan jauh-jauh itu semua kemungkinan yang ada. Sekali nya blade retak/mulai patah, udah engga bisa diharapkan lagi buat di benerin.

Membersihkan kipas :
1. Beli kuas cat (ukuran terserah, lebar, tipis, pipih, panjang) harga <5000 perak
2. lepas fan yang berdebu
3. pegang bagian bodi, bukan blade
4. sambil tahan blade di bagian tengah (bearing) sembari fan anda kuas samapi bersih
5. untuk bagian yang tak terjangkau, tiup-tiup atau coba pake kompressor, pakai tangan
6. jangan harap untuk bisa seperti fan baru lagi, tapi biasanya sekali dibersihkan, air flow akan meningkat. Bagi Fan LED, warna akan makin jernih

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com